Rabu, 21 Mei 2008

ROSSI JUARA,TIGA YAMAHA DI PODIUM


Minggu, 18/05/2008 19:56 WIB
Rossi Juara, Tiga Yamaha di Podium

AFP/Jean Frnacois Monier
Le Castellet - Valentino Rossi merengkuh gelar keduanya musim ini setelah menjadi yang tercepat di MotoGP Prancis. Sirkuit Le Mans, Minggu (18/5/2008) juga jadi bukti ketangguhan Yamaha yang memborong podium.
Ini merupakan kemenangan kedua Rossi secara beruntun setelah dua pekan lalu dia juga menjadi yang penghuni podium teratas MotoGP Cina. Tambahan 25 poin membuat jagoan Fiat Yamaha itu makin kokoh di puncak klaseman dengan poin 97.

Menjalani balapan dengan sensasional untuk kemudian duduk di posisi dua adalah Joerge Lorenzo. Meski mendapat kecelakaan hebat di Shanghai dan kembali terjatuh di sesi latihan bebas Jumat lalu, pembalap Spanyol itu tampil gemilang mengingat dia sempat terlempar ke luar 10 besar setelah memulai balapan dari posisi lima.

Penghuni podium terakhir sekaligus mengukuhkan dominasi pabrikan Yamaha adalah pembalap Tech3 Yamaha, Collin Edwards. Ini merupakan podium pertama pembalap Amerika Serikat itu musim ini setelah raihan terbaik sebelumnya adalah posisi empat di Seri Portugal.

Jalannya Balapan

Pedrosa tak mampu memanfaatkan kesempatan start dari posisi terdepan karena sesaat setelah memulai balapan posisinya turun ke urutan dua, disalip Casey Stoner yang menjalani start dengan sangat baik dari grid tiga. Di belakang Stoner dan Pedrosa tak banyak mengalami perubahan seperti hasil kualifikasi dengan berturut-turut diisi Edwards, Hayden, Rossi dan Vermuelen.

Memasuki lap kedua Rossi naik satu peringkat ke urutan tiga usai menyalip Hayden. Satu putaran berselang James Toseland menjadi pembalap yang pertama yang pensiun dini dari balapan.

Pertarungan sengit antara empat pembalap teratas terjadi saat Pedrosa mampu menyusul Stoner untuk menempati posisi terdepan dan Rossi merebut tempat ketiga dari Edward di saat bersamaan. Namun kedudukan seperti itu tak bertahan lama karena Stoner kembali meraih posisi terdepan di tikungan berikutnya, sementara Pedrosa justru turun ke tempat ketiga setelah tunggangannya melebar dan disalip The Doctor.

Rossi sempat memimpin balapan di lap enam usai mendahului Stoner di sebuah tikungan ke kiri, namun karena kemudian terlalu melebar sang juara dunia tujuh kali itu harus rela kembali turun di posisi dua.

Barulah di lap tujuh Rossi benar-benar memimpin balapan setelah melalui pertarungan wheel to wheel dengan Stoner. Sementara tiga posisi di belakangnya belum berubah dengan diikuti Stoner, Pedrosa dan Edwards. Di luar posisi empat besar tersebut ada Vermuelen yang setia menguntit .

Di lap yang sama Lorenzo yang sempat melorot ke luar posisi 10 besar sudah berada di posisi enam.

Memasuki lap 12 Rossi mulai meninggalkan pesaing-pessaingnya dengan keunggulan hingga dua detik. Sementara satu lap sebelumnya Pedrosa kembali merebut posisi dua dari Stoner.

Penampilan spektakuler dipertunjukkan Lorenzo saat dia sudah berada di posisi lima ketika balapan memasuki setengah jalan. Kecelakaan parah yang dialaminya di Shanghai dan di sesi latihan bebas Jumat lalu sepertinya sama sekali tidak berpengaruh apa-apa pada pemuda Spanyol berusia 20 tahun itu.

Memasuki lap 13 hujan kembali turun, stewards pun mengibarkan bendera putih menandakan pembalap boleh mengganti tunggangannya. Namun lintasan basah sepertinya bukan masalah buat empat pembalap terdepan karena tak satupun dari mereka memutuskan mampir pit, tercatat Marco Melandri yang pertama ganti motor di lap 19.

Sementara itu penampilan Edwards semakin menggila setelah dia mampu menyalip Edwards untuk duduk di posisi empat. Di lap yang sama Lorenzo malah sudah mampu duduk di posisi dua usai mendahului Pedrosa.

Naiknya Lorenzo dari posisi empat langsung ke urutan dua tak lepas dari masalah yang dialami Stoner dengan Desmosedici GP8-nya. Dia tiba-tiba melambat setelah melewati garis start-finish dan terpakasa harus memutari sirkuit dengan motor ngadat, sebelum balik ke lintasan dan kembali mengikuti race.

Saat balapan tersisa enam putaran, posisi Pedrosa kembali turun ke posisi empat. Dia disalip Edwards dan tak bisa merebut lagi posisi tersebut hingga balapan selesai.

Rossi menyentuh garis finish di posisi terdepan diikuti rekan setimnya Lorenzo dan Edwards. Sementara posisi empat diisi Pedrosa dan juara musim lalu Vermuelen di urutan lima.



Hasil MotoGP Prancis

1. Valentino Rossi ITA Fiat Yamaha Team (B) 44min 30.799 secs
2. Jorge Lorenzo SPA Fiat Yamaha Team (M) 44min 35.796 secs
3. Colin Edwards USA Tech 3 Yamaha (M) 44min 37.604 secs
4. Dani Pedrosa SPA Repsol Honda Team (M) 44min 40.956 secs
5. Chris Vermeulen AUS Rizla Suzuki MotoGP (B) 44min 52.561 secs
6. Andrea Dovizioso ITA JiR Team Scot MotoGP (M) 44min 53.194 secs
7. Loris Capirossi ITA Rizla Suzuki MotoGP (B) 44min 58.605 secs
8. Nicky Hayden USA Repsol Honda Team (M) 44min 58.794 secs
9. Randy de Puniet FRA LCR Honda MotoGP (M) 45min 0.143 secs
10. Shinya Nakano JPN San Carlo Honda Gresini (B) 45min 1.621 secs
11. Toni Elias SPA Alice Team (B) 45min 5.953 secs
12. Alex de Angelis RSM San Carlo Honda Gresini (B) 45min 7.015 secs
13. Sylvain Guintoli FRA Alice Team (B) 45min 22.837 secs
14. Anthony West AUS Kawasaki Racing Team (B) 46min 0.106 secs
15. Marco Melandri ITA Ducati Marlboro Team (B) 46min 10.422 secs
16. Casey Stoner AUS Ducati Marlboro Team (B) 44mMotoGP

1 komentar:

comre city mengatakan...

kita sama pecinta moto gp asik dong........................................................hubungi segera 081323600103